BKKBN bekerjasama dengan DPD Gradasi Kalimantan Barat, selain melakukan sosialisasi juga melakukan pendampingan agar kelompok-kelompok UPPKA dapat lebih berkembang dan berhasil usahanya.
“Salah satu upaya, kami mengajarkan mereka ini untuk bisa memasarkan produk secara online. Hal itu bisa dilakukan melalui media sosial, market place, website, internet dan lainnya. Supaya kelompok-kelompok UPPKA ini bisa langsung ketemu market yang memang cari produk,” terang Mafirza Sekretaris DPD Gradasi Kalimantan Barat.
Dia menambahkan, dalam pendampingan Gradasi DPD Kalbar membantu merubah pola pikir, cara pengembangan produk UPPKA. Dimana biasanya, UPPKA ini usaha kelompoknya membuat produk dulu, sedangkan market nya nanti baru di pikirkan, sehingga pemasaran produk tidak bisa maksimal.
“Nah melalui pendampingan ini, kami membantu mencari marketnya dulu, setelah dapat,.baru kita menbuat produknya sesuai permintaan pasar. Dan kami yakin dengan cara penjualan online, mampu memangkas biaya-biaya yang memberatkan kelompok UPPKA, seperti sewa tempat, listrik, gaji pegawai dan lainnya,” ujar Mafitrza.
Tidak hanya itu tambahnya, kami juga membantu kelompok-kelompok UPPKA dalam mengurus ijin usaha dan lain sebagainya. “Semua ini kami bantu dengan maksud agar semua produk UPPKA dapat di masukan dan dijual ke toko dan minimarket sehingga usaha tersebut semakin meningkat,” tutupnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.