Peningkatan literasi digital masyarakat sebagai sebuah usaha percepatan dan pemerataan pembangunan di seluruh Indonesia. Gerakan ini menghimpun berbagai elemen masyarakat yang “aware” terhadap perkembangan teknologi digital yang sangat pesat. Sebagai kelanjutan dari terbentuknya Gerakan tersebut KOMINFO menggelar program pemberdayaan, Salah satu program pemberdayaan tersebut adalah peningkatan kemampuan literasi digital bagi siswa/siswi SMK se-Indonesia. Program ini menggandeng organisasi Generasi Digital Indonesia (Gradasi) sebagai mitra pelaksana.

DPC Gradasi Kab. Wonogiri bergerak cepat menyambut program tersebut. Seluruh Pandu Digital Gradasi yang ada di wilayah Kabupaten Wonogiri melakukan pendataan dan koordinasi dengan seluruh SMK yang ada di wilayah Kabupaten Wonogiri. Dalam tahap pertama, Gradasi Kab. Wonogiri mendapatkan kehormatan dan kepercayaan untuk melaksanakan kegiatan peningkatan literasi digital bagi siswa/siswi SMK ini di 10 titik yang terbagi menjadi tiga wilayah kegiatan yaitu wilayah Baturetno (tiga lokasi kegiatan), wilayah Pracimantoro-Wuryantoro (terdapat dua lokasi kegiatan) dan wilayah kota kabupaten wonogiri (terdapat lima lokasi kegiatan. Kegiatan tersebut akan berjalan dalam waktu tiga hari secara berurutan.

Kegiatan Literasi Digital bagi siswa/siswi SMK Tahap 1 di Kabupaten Wonogiri dilaksanakan pada tanggal 12 – 14 Juli 2022 dilakukan secara luring dan daring dengan pertimbangan dapat dimasukan ke dalam acara masa orientasi dan pengenalan sekolah. Berikut data SMK di Kabupaten Wonogiri yang mengikuti kegiatan Literasi Digital Pada tanggal 12 Juli 2022 kegiatan dilakukan di SMK wilayah Baturetno yaitu SMKS MUHAMMADIYAH 1 BATURETNO, SMKS PANCASILA 3 BATURETNO, SMKS PANCASILA 4 BATURETNO. Pada tanggal 13 Juli 2022 kegiatan dilakukan di SMKS GAJAH MUNGKUR 1 WURYANTORO, SMKN 1 PRACIMANTORO. Pada tanggal 14 Juli 2022 kegiatan dilakukan di SMKN 1 WONOGIRI, SMKN 2 WONOGIRI, SMKS PANCASILA 1 WONOGIRI, SMK DAYA WANGSA WONOGIRI, SMKS SUDIRMAN 1 WONOGIRI.

Pada kegiatan tersebut terdapat Narasumber dan Moderator dari Pandu Digital Indonesia badge biru (madya) dan badge merah (purwa) antara lain :

  1. Irawan, S.E. M.Pd (Pandu digital Badge Biru)
  2. Dwi Suswatiningsih, S.E. (Pandu digital Badge Merah)
  3. Santo Ari Wibowo, S.T. (Pandu digital Badge Merah)
  4. Sukesti Nuswantari (Pandu digital Badge Merah)
  5. Ratna Puspitasari, S.Ip. (Pandu digital Badge Merah)
  6. Afriandifa Nufriani (Pandu digital Badge Merah)
  7. Karsi (Pandu digital Badge Merah)
  8. Probo Yosvidar (Pandu digital Badge Merah)
  9. Dini Ambarwati (Pandu digital Badge Merah)
  10. Fery Yelyanto (Pandu digital Badge Merah)

Tujuan dari kegiatan pemberdayaan Pandu Digital Indonesia dalam peningkatan kemampuan literasi digital bagi siswa/siswi SMK untuk meningkatkan penguasaaan literasi digital siswa SMK agar mampu menyaring memilih dan menghindari dampak buruk dari perkembangan teknologi informasi seperti : penyebaran hoax, bullying, cybercrime, hate speech.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.