Era Industri 4.0 adalah era dimana proses industri melibatkan jaringan computer, internet dan mesin dengan Artificial Intelligence dan Internet of Thingking. Untuk mampu mengambil peranan positif di era ini setiap siswa SMK diharapkan memiliki literasi digital yang baik. Berinteraksi dengan teknologi informasi atau menggunakan media sosial dan jaringan internet tanpa penguasaan literasi digital akan menjadi pedang bermata dua yang membahayakan Generasi muda yang akan menjadi penggerak perkembangan bangsa terutama bagi siswa SMK yang dibekali keterampilan untuk siap bekerja setelah lulus sekolah.

Penguasaan literasi digital sangat penting untuk dimiliki generasi muda agar mereka memiliki karakter dalam mengimplementasikan teknologi digital dan internet dalam kehidupannya secara optimal. Literasi digital juga menjadi benteng pelindung dalam penyalahgunaan teknologi digital atau dampak buruknya. Oleh karena itu perkembangan teknologi yang pesat di era industri 4.0 harus dibarengi dengan penguatan karakter literasi digital agar dapat memanfaatkan teknologi dengan maksimal. Sehingga akan menghasilkan sumber daya manusia yang kreatif, inovatif dalam memanfaatkan teknologi digital dan dapat bersaing di era industri 4.0.

Maka dari itu KOMINFO menggelar program pemberdayaan, salah satu program pemberdayaan tersebut adalah peningkatan kemampuan literasi digital bagi siswa/siswi SMK se-Indonesia. Program ini menggandeng organisasi Generasi Digital Indonesia (Gradasi) sebagai mitra pelaksana.

Kegiatan Literasi Digital di Kabupaten Grobogan Jawa Tengah diikuti oleh 2 SMK yang dilaksanakan pada tanggal Senin, 25 Juli 2022 yaitu SMK ASTA MITRA PURWODADI dengan Perwakilan dinas pendidikan Kabid Pnf Bapak SUTOMO, S.Pd, M.Pd, Kepala sekolah SMK Asta mitra Ibu TITIK HARYATI, S.Pt.,M.Pd, Narasumber Lintang Dwi Sekarlangit, Moderator Ani suci Nurhidayah dan SMK MIFTAHUS SA’ADAH Wirosari dengan Kepala SMK MIFTAHUS SA’ADAH KH. MOCH NURCHOLIS, M.Bsa, S.Pd, Narasumber Khoirul Aziz, Moderator Ina suci Nurhidayati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.