Cara mengamankan akun media sosial yang pertama yaitu dengan memperhatikan kombinasi serta pengaturan password. Sebab password merupakan hal penting yang dapat melindungi data dan privasi anda di media sosial. Untuk membuat password sosial media anda, pastikan untuk tidak menggunakan kata-kata yang mudah atau tanggal lahir karna hal itu mudah untuk diingat. Namun, hal itu justru bisa memudahkan para hacker untuk mencuri informasi di akun sosial media anda. Gunakan password dengan kombinasi huruf dan angka yang tidak mudah ditebak orang lain.  Dan jangan beritahu siapapun tentang password anda karna hal tersebut bisa meningkatkan resiko akun sosial media anda di hack.

2. Penggunaan password.

Cara mengamankan akun sosial media lainnya yaitu dengan mengganti password anda secara berkala. Untuk meningkatkan data pribadi dan privasi anda di media sosial. Dengan melakukan hal tersebut, maka hacker akan sulit untuk untuk menembus password anda karena penggantian password secara berkala.

3. Verifikasi Dua Langkah.

Berikutnya fitur verifikasi dua langkah ini memungkinkan anda untuk melakukan verifikasi ke akun sosial media setiap anda login. Apabila fitur ini aktif, maka akan ada notifikasi berupa kode verifikasi yang dikirimkan melalui sms atau email.

4. Menggunakan perangkat terpercaya.

Selanjutnya yakni memilih serta menggunakan perangkat terpecaya untuk login. Beberapa kasus hack sering terjadi dikala seseorang melakukan login di tempat umum seperti di warnet. Sebaiknya hindari untuk melakukan login di PC yang diakses oleh banyak orang. Sebab hal tersebut bisa meningkatkan resiko terkena hack jika lupa untuk melakukan logout.

5. Waspada dengan pesan dari orang asing.

Anda harus selalu waspada terhadap berbagai pesan yang dikirimkan oleh orang asing. Terlebih, jika isi pesan tersebut berupa link atau URL dengan perintah untuk segera melakukan klik. Biasanya, link tersebut juga berisi perintah untuk mengirimkan ID beserta password akun media sosial Anda. Hal ini sering dilakukan para hacker untuk mengelabui dengan cara mendesain email palsu yang mirip dengan tampilan email resmi.

6. Log Out dari perangkat umum.

Menggunakan perangkat umum adalah salah satu hal yang tidak dapat dihindari. Maka dari itu, cara mengamankan media sosial berikutnya yakni dengan selalu melakukan logout usai menggunakan perangkat umum.

7. Waspada dengan jaringan.

Selanjutnya hindari untuk melakukan login dengan memasukkan ID dan password saat terhubung dengan hotspot yang rentan disusupi oleh para hacker.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.