Kemajuan teknologi dapat mendorong transformasi digital di Tanah Air. Masyarakat mulai terbiasa berinteraksi dan bertransaksi secara digital. Perkembangan teknologi tidak bisa dihindarkan, dimana masyarakat harus mulai membiasakan diri untuk berinteraksi dan bertransaksi secara digital.

Pada situasi ini banyak melahirkan tantangan terkait aspek keamanan, privasi dan kenyamanan untuk para pengguna.

Perusahaan startup PT Privy Identitas Digital (Privy) berkolaborasi dengan PT Finnet Indonesia (Finnet), dalam menunjang proses surat menyurat internal maupun eksternal klien untuk keperluan Business-to-Business service (B2B) maupun Business to Customer (B2C).

Kolaborasi ini berkenan dengan layanan tanda tangan elektronik Privy pada aplikasi Finnet Indonesia untuk layanan materai elektronik yang diintegrasikan dengan PrivySign. Fitur yang berkolaborasi yakni Materai Elektronik via API, Penerbitan Serikat Elektronik via API dan Tanda Tangan Elektronik via API (On Premise).

Marshall selaku CEO & Founder Privy mengatakan, Kerjasama ini terkait peningkatan pengalaman pemeteraian dalam aspek keamanan, kenyamanan, ketersediaan, dan kemudahan untuk masyarakat. Materai elektronik merupakan materai yang dapat digunakan dalam dokumen elektronik dan keberadaanya sama dengan materai kertas biasa.

Rakhmad selaku Direktur Utama Finnet mengatakan, adanya pandemic Covid-19 mengubah seluruh kegiatan konvesional menjadi digital. Hal ini adalah langkah yang tepat untuk mengimplementasikan layanan offline menuju online.

Cara membuat tanda tangan elektronik

  1. Akses salah satu dari tujuh Penyelenggara Sertifikasi Elektronik Indonesia (PSrE) yang diakui oleh Kemenkominfo. Seperti, PrivyID,iOTENTIK, Balai Sertifikasi Elektronik, VIDA, PERURI, Digisign, dan TekenAja!
  2. Registrasikan diri kamu dan identitas (termasuk foto KTP, NIK, alamat surel, nomor telepon, dan lain-lain).
  3. Verifikasi nomor telepon dan alamat email.
  4. Atur kata sandi sesuai ketentuan.
  5. Mulai gunakan tanda tangan elektronik.

Cara menggunakan E-materai

  1. Buka laman resmi https://e-meterai.co.id/
  2. Klik menu “BELI E-METERAI”.
  3. Setelah Log In, kamu akan dihadapkan pada dua pilihan menu, Pembelian dan Pembubuhan.
  4. Pilih tahap Pembubuhan.
  5. Memasukan detil informasi dokumen seperti tanggal, nomor dokumen dan tipe dokumen.
  6. Unggah dokumen dalam format PDF.
  7. Posisikan meterai sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  8. Klik ‘Bubuhkan Meterai’, kemudian ‘Yes’.
  9. Selanjutnya, muncul menu masukkan PIN.
  10. Isi PIN yang telah didaftarkan, proses pembubuhan selesai.

Kamu bisa langsung mengunduh file PDF dari dokumen yang sudah terbubuhi meterai elektronik atau mengirim ke email yang sudah terdaftarkan.

Source : https://selular.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.