Customer Service

Hallo, ada yang bisa kami bantu ?

Gradasi.or.id – Para pengguna ponsel Android pastinya pernah atau bahkan sering mengalami aplikasi yang mendadak keluar sendiri saat sedang dibuka (force close).

Keluarnya aplikasi tersebut biasanya dibarengi dengan munculnya pesan error “sayangnya, aplikasi telah behenti” atau “Unfortunately, App Has Stoped”.

Masalah ini pastinya akan sangat menjengkelkan bila terjadi saat kita sedang mengerjakan sesuatu yang penting, seperti mengerjakan tugas, mengedit kerjaan, mengunggah konten ke media sosial, atau pun saat sedang asyik bermain dalam sebuah pertandingan game.

Penyebab umumnya sendiri adalah ketika RAM dan file cache terlalu penuh. Namun selain itu, masih ada beberapa penyebab lainnya yang bisa menyebabkan aplikasi Android tiba-tiba keluar sendiri. Berikut ini beberapa penyebab aplikasi Android keluar sendiri secara tiba-tiba (force close).

 

Penyebab Aplikasi Android Keluar Sendiri Secara Tiba-tiba
  • File cache penuh

File cache merupakan sebuah file yang berisi data yang pernah kamu akses melalui aplikasi yang memerlukan jaringan internet. Bila file cache jarang dibersihkan, maka file cache tersebut akan menumpuk yang akan membuat aplikasi menutup secara otomatis.

  • RAM penuh

RAM merupakan salah satu komponen yang berperan penting pada saat kamu membuka aplikasi tertentu. Bila kamu membuka beberapa aplikasi secara bersamaan, RAM akan cepat penuh apabila tidak memiliki kapasitas RAM yang cukup memadai. Penuhnya RAM inilah yang akan menyebabkan aplikasi tiba-tiba berhenti dengan sendirinya.

  • Aplikasi corrupt

Aplikasi yang telah corrupt atau pun kadaluarsa juga bisa menjadi penyebab aplikasi yang mendadak keluar sendiri. Hal tersebut dapat terjadi apabila aplikasi sudah melakukan pembaruan patch, sehingga file obb tersebut tidak sinkron dengan aplikasinya.

  • OS tidak kompatibel

Pembaruan sistem operasi (OS) tentunya dibarengi pembaruan sistem dari berbagai pihak, salah satunya yaitu aplikasi. OS yang tidak kompatibel dengan aplikasi juga bisa menyebabkan aplikasi Android keluar sendiri. Misalnya, kamu menggunakan aplikasi yang diperuntukkan ponsel dengan OS Marshmallow 6.0, namun ponselmu ternyata masih menggunakan OS Lollipop 5.0, sehingga membuat aplikasi tidak dapat berjalan normal.

  • Terinfeksi virus
Foto: Mataweb

Tak hanya di perangkat komputer, saat ini virus di ponsel Android pun sudah berkembang dengan beragam modus dan tujuan. Ponsel yang terinfeksi virus juga bisa menjadi salah satu penyebab aplikasi Android tiba-tiba keluar sendiri.

Itulah beberapa penyebab aplikasi Android yang tiba-tiba berhenti dan keluar sendiri. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Untuk mengatasi aplikasi Android keluar sendiri secara tiba-tiba, simak Cara Mengatasi Aplikasi Android Keluar Sendiri Secara Tiba-tiba

(KD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *